Perencanaan Membangun UMKM Sukses

Semakin banyaknya bisnis yang bermunculan, memberikan peluang bagi UMKM untuk ikut bersaing. UMKM yang awalnya hanya sekedar bisnis di wilayah kecil, kini bisa mulai meluas. Produk-produk hasil karya masyarakat lokal bisa dinikmati semua orang di berbagai daerah bahkan sampai ke luar negeri. Hal ini karena peran media internet yang menjadikan tempat promosi paling tepat.

Buat kamu yang sedang membangun UMKM di tempat tinggalnya atau sedang merintis bisnis kecil-kecilan saatnya untuk membuat perencanaan yang matang. Dengan konsep yang maksimal UMKM mampu menjadikan masyarakat lebih sejahtera. Dan produk lokal pun bisa menggeser keberadaan produk luar. Nah, berikut perencanaan yang bisa kamu lakukan kembali agar bisnis ini menjadi lebih terarah :

  • Ciptakan produk UMKM yang unik, berbeda dan tidak ada duanya

Pertama mengenai produk yang bisa kamu ciptakan sendiri. Pilih produk yang menjadi ciri khas dari tempat tinggal kamu sendiri. Ini akan membedakan dengan produk-produk yang ada di pasaran. Perhatikan pula keunggulan yang bisa di dapatkan dari produk tersebut. Jika produk lebih unik akan menjadi lebih mudah untuk menarik konsumen.

  • Cari Partner untuk menambah inventasi

Kamu yang sedang membangun UMKM bisa mencari partner yang memiliki pemikiran sama. Cari orang yang memiliki kemampuan dalam segi modal agar kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Kamu bisa fokus pada sistem yang akan di rancang dengan lebih matang. Lalu ajak rekan yang memang bersedia bergabung dan berinvestasi dalam bisnis yang kamu bangun.

  • Berkorban waktu lebih banyak

Jika masih merintis tentu akan lebih banyak waktu yang harus di gunakan dalam mengelolanya. Bagi kamu si pemalas lebih baik jangan terjun ke dunia bisnis karena yang paling utama di sini adalah tentang kerja keras menguras waktu. Apalagi yang mengelolanya hanya kamu sendiri atau dengan beberapa teman saja. Tentu kamu harus bisa mengatur waktu dalam menggerakan bisnis lebih banyak lagi.

  • Mulai memanfaatkan teknologi yang ada

Dan terakhir tentang pemanfaatan teknologi yang sekarang sangat mudah untuk di akses. Kamu harus bisa menguasai pemasaran melalui internet dan media sosial yang banyak di gunakan. Walau tidak menggunakan jasa pengelola website, kamu masih bisa berjualan sendiri dengan mempromosikan melalui media sosial pribadi. Jika di rasa butuh partner di bidang promosi digita barulah kamu bisa bekerjasama dengan ahlinya.

Jadikan keberadaan UMKM bisa diterima banyak orang di seluruh pelosok indonesia. Selain untuk memunculkan prodak asli indonesia tentu menjadikan UMKM sebagai wadah dalam memajukan perekonomian masyarakat setempat.



Leave a Reply