Pilih Jadi Boss Atau Leader? Simak Yuk Perbedaannya

Kebayang gak sih kalau kamu jadi pendiri sebuah perusahaan. Memiliki bisnis di berbagai daerah dengan puluhan karyawan yang bekerja. Setiap waktunya bisnis kamu semakin melambung dengan income yang besar. Tentu ini menjadi kepuasan tersendiri buat seorang pemimpin. Ets, tapi jangan bangga dulu karena siapa tahu kesuksesan mu hanya sekejap mata lalu setelah itu asset yang ada malah habis. Ko bisa? Tentu bisa ternyata kepemimpinan mu sangat buruk, bisa jadi kamu hanya sekedar menjadi boss bukannya leader.

Bisnis bisa gagal jika kamu memposisikan diri sebagai boss. Yang hanya meginginkan kesuksesan tanpa peduli terhadap internal perusahaan kamu. Yang hanya menghargai sebuah hasil tanpa tahu proses dan kinerja karyawan dalam melaluinya. Hal ini tentu akan mengancam keberadaan bisnis-bisnis yang sudah kamu bangun.

Untuk itu kamu harus tahu tipe seperti apakah kamu itu. Apakah tipe seorang boss atau tipe seorang leader. Simak perbedaannya :

  • Seorang Boss ingin sukses lebih cepat

Jika kamu membangun bisnis dan ingin cepat-cepat sukses rasanya kamu tipe seorang bos. Pemikiran kamu sangat sempit dan pendek. Tidak ingin berpikir terlalu jauh yang penting bisa sukses. Kamu juga tidak memperhitungkan setiap kendala atau masalah yang bisa dating kapanpun. Yang penting bisnis lancar, income besar dan kamu jadi pebisnis sukses.

  • Seorang leader mampu memberikan inspirasi kepada karyawan

Kamu senang terjun untuk mengontrol karyawan dan berbincang dengan mereka mengenai pekerjaannya? Artinya kamu terbilang seorang leader. Kamu mampu memberikan kekuatan kepada setiap karyawan jika mengalami kendala dalam bekerja. Kamu bisa memberikan inspirasi yang membuat karyawan bersemangat dan nyaman bekerja. Semakin menunjukan care ke karyawan artinya kamu memang patut menjadi pemimpin.

  • Prinsip seorang Boss yang penting dirinya sukses

Kebayang gak sih punya banyak perusahaan dan sudah dikenal banyak orang. Produk pun diminati setiap konsumen. Kamu akan merasa sejahtera dan bangga karena bisa mencapainya. Tapi saying dibalik kesuksesan kamu, karyawan di kantor ternyata mereka mengeluh. Kinerja dengan hasil untuk mereka tidak sesuai. Terlalu banyak beban yang harus di tanggung karyawan karena tidak adanya perhatian. Kalau yang ini namanya kamu tipe seorang boss, lebih peduli terhadap pencapaian sendiri yang penting enak tapi karyawanya kesusahan.

  • Prinsip seorang leader bisa mengembangkan karyawannya

Bisnis udah sukses dan karyawan pun puas dengan hasil kinerjanya. Tentu ini menandakan bahwa kamu tipe seorang leader. Selain ingin mendapatkan kesuksesan dari perusahaan mu, kamu pun ingin melihat karyawan menjadi sangat sejahtera. Kamu memberikan pelatihan yang terbaik untuk mengembangkan setiap kemampuan karyawannya.

Gimana, udah tahu apakah kamu pantas menjadi leader atau sekedar seorang boss? Yang jelas ini menentukan sukses atau tidaknya bisnis yang kamu jalankan.



Leave a Reply