Rahasia Membentuk Personal Branding Dalam Pemasaran Produk

Pemasaran produk dalam bisnis tidak hanya bisa dilakukan oleh sebuah sistem digital. Jika saat ini menggunakan berbagai teknologi untuk menunjang penjualan tentu menjadi nilai yang paling tinggi. Tapi ada juga pemasaran yang lebih mudah dan langsung dilakukan secara personal. Itulah yang dinamakan personal branding. Dimana seseorang akan memiliki pengaruh dalam meningkatkan nilai jual sebuah produk.

Pernah kamu melihat bagaimana masyarakat sangat terbuka lebar terhadap bisnis para artis? Walaupun bisnis tersebut terbilang baru, tapi langsung melejit seperti roket. Semua kalangan akan tahu tentang bisnis yang di rancang artis tersebut. Langsung berburu mencari produknya agar bisa dinikmati dan merasakan manfaatnya. Nah inilah pengaruh dari sebuah personal branding. Dimana mereka melambungkan namanya terlebih dahulu lalu menciptakan bisnis yang langsung diserbu masyarakat.

Dan cara ini tentu tidak hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah dikenal  masyarakat terlebih dahulu. Siapapun bisa menciptakan personal brandingnya asalkan mengetahui rahasianya. Berikut yang bisa kamu lakukan :

  • Tentukan segmen bisnis yang akan di bangun

Kamu harus menentukan jenis bisnis apa yang akan di bangun. Apakah yang berkaitan dengan jasa atau memang menjual produk sendiri. Kamu bisa saja menjual jasa dengan menjual dari apa yang kamu lakukan. Misalkan kamu akan membuka sebuah jasa konsultan sosial media, jasa kesehatan, jasa pernikahan dan apapun yang memang kamu kuasai.

Kamu juga bisa membangun bisnis dengan menjual produk seperti pada umumnya. Kamu bisa memilih apakah akan memproduksi sendiri atau hanya sekedar jadi bagian pemasaran. Ini tentu harus di pertimbangkan agar sesuai dengan kemampuan kamu.

  • Mulai manfaatkan sosial media dengan ilmu dan wawasan yang kamu miliki.

Keberadaan media sosial saat ini sudah bergeser menjadi tempat promosi paling jitu untuk bisnis. Jika kamu akan menciptakan personal branding dalam menarik perhatikan konsumen mulailah untuk bijak menggunakannya. Tidak melulu tentang jualan, kamu bisa share tentang ilmu bisnis kamu. Seperti tips dan trik, kunci sukses berbisnis dan apapun ilmu yang kamu miliki. Dengan begitu orang akan memberikan penilaian positif melalui media yang kamu miliki.

Apalagi jika kamu memang menjual sebuah jasa. Perlihatkan sejauh mana kualitas diri kamu melalui konten-konten yang kamu buat sendiri. Jika kamu seorang konsultan, lebih banyak share tentang ide pembahasan sesuai segmen kamu akan sangat berpengaruh bagi pengguna media sosial.

  • Penting membuat Fanspage

Melalui facebook, kamu bisa mengumpulkan semua konsumen yang tertarik dengan apa yang kamu jual dalam satu wadah. Ini untuk mengetahui sejauh mana manfaat yang telah kamu berikan untuk mereka. Juga dapat menjadi tolak ukur mengenai kualitas produk yang akan di jual.

Grup ini bisa di jadikan tempat yang paling cocok untuk melakukan diskusi. Kamu bisa lebih fokus berbagi ilmu bisnis ataupun jasa yang akan kamu tawarkan. Lihat sejauh mana respon dari orang-orang yang ada di grup tersebut.

  • Lakukan pertemuan secara nyata

Jika komunikasi melalui grup sudah mulai terjalin dengan baik, saatnya untuk melanjutkan langkah yang lebih serius. Kamu bisa melakukan pertemuan dengan mereka di dunia nyata. Hal ini untuk memperkuat relasi dalam berbisnis. Sharing secara langsung tentu akan lebih nyaman karena bisa saling memahami karakter satu sama lain. Ini pun untuk mendatangkan peluang dalam memperluas bisnis dengan partner yang cocok.

Saatnya untuk menciptakan personal branding yang baik dan berkualitas. Gunakan diri kamu sendiri untuk menarik konsumen lebih banyak.

 

 



Leave a Reply